Rabu, 29 Februari 2012

“TRAGEDI SAMBEL KECAP”

Di pagi yang cerah, saat sang mentari mulai merekah, menebarkan senyum indahnya lebar-lebar. Sinarnya yang sempat menerobos celah kecil cendela kamarku, membuatku terbangun dari alam yang berhiaskan mimpi-mimpi indah yang selalu hadir disetiap malamku.
“ Dewi, sudah siang ini, kok belum sarapan toh? Terang ibu.
“ Iya bu, bentar” sahutku.
Seperti biasa, sebelum berangkat ke sekolah aku terbiasa sarapan. Menikmati masakan ibu yang begitu menggoda selera dan tiada tandingan di dunia ini, hhemm masakan ibu paling top margotop dah. Menu hari ini cukup membius lidah ku untuk segera menyantap hidangan yang tertata bersebelahan dengan gorengan tempe dan sambel kecap ala ibu ku.
Pagi itu aku makan lahap banget kek unta padang pasir yang sudah sebulan gak makan, bisa bayangin gimana rakusnya?. Hhe. Sambel bikinan ibu tuh puedes banget dan cocok dicolekkan dengan segala jenis makanan sperti tempe, tahu, terong dan lain-lain.
“Huahauhauha...maknyussss, pedes banget sih sambel ibu? Rasanya bibirku terbakar”, terangku dalam hati.
Dengan wajah penuh keringat kepedasan dan wajah yang hitam bercampur merah gak karuhan, ku langsung cabut ke sekolah.
***
Sesampainya di sekolah.
“ Ah, sial. Telat lagi deh aku. Nih gara2 angkot yang aku naiki tadi mogok segala, mampus nih kena poin tatib,” kesalku.
Tanpa basa-basi aku langsung bergegas menuju kelas. Tumben sepi gak kayak biasanya.
“Aduhai, ada apa ini”, gumamku.
“ Dewi, ya ampun jam berapa ini baru datang?” tanya bu Ina , guru paling judes di sekolah.
“ Eee..eee.e..e,, iituuuu bukk,” ujarku tak sampai.
“ Sudah-sudah, apapun alasanya, siapin kertas dan ambil soal didepan”, sahut Bu Ina.
“ Oh my gosh, mati gua, hari ini ulangan bahasa inggris, semalem gak belajar lagi gara2 begadang nonton tv. Bego bego” batinku.
Sumpah, bahasa inggris tuh pelajaran yang paling aku benci, dan yang namanya ulangan pasti mengulang mengulang dan mengulang.
“ Nih soal sulit banget sih, apa aku nya yang bego yah?” gumamku.
Seiring aku mengerjakan tugas, tiba-tiba perutku mules, rasanya seperti digerus pakek cobek ma huleg2 (buat bikin sambel).
“ Aduh ni perut kenapa lagi, bikin konsentrasi ku ilang aja nih”, kesalku dalam hati.
Walhasil , ku kumpulkan semua keberanianku, aku langsung ijin ke Bu ina ke toilet. Aku langsung menuju ke toilet deket kelas, eh ternyata full. Akhirnya aku ke toilet deket mushola dan ternyata full juga, gara2 anak kelas sebelah abis olahraga jadi banyak yang ke toilet. Aku langsung menuju toilet deket kantor, gak taunya tuh toilet masih di renovasi. Sial banget waktu itu, udah kebelet, kagak tahan dan ternyata toilet full semua. Udah gak ada harapan lagi aku harus kemana, perut sudah gak bisa diajak kompromi. Rasanya pengen nangis muter2 ke toilet satu, ke toilet lainya tapi penuh semua.
Entah, malaikat apa yang barusan melintas, walhasil ada ide cemerlang bagaikan bintang yang bersinar diangkasa raya.
“ Ahaa, kenapa gua gak kepasar aja, hah bego kenapa baru kepikiran sekarang”, celotehku.
Tanpa berpikir panjang ku raih semua tenagaku untuk melaju ke pasar. Kebetulan sekolah ku dekat dengan pasar, namanya Pasar Turi. Sesampainya dipasar.
“Walhasil ku temui juga dikau wahai toilet. Tak kuat rasanya diriku menahan sakit perut ini,” ujarku.
Aduhai, tapi ada tulisan besar yang bikin aku terpesona sejenak aku melintasi toilet.
BUANG AIR KECIL = Rp. 1000,-
BUANG AIR BESAR = Rp. 1500,-
MANDI = Rp. 2000,-
“ Gilaaa, hari gini emang gak ada yang gratis, mau pup aja harus bayar, huft”.
Akhirnya, aku puas2in di toilet, lagian udah bayar mahal2.
“Hahhh, akhirnya keluar juga lohh, butuh perjuangan keras buat nyari toilet. Hah legaaaa dehhh”, *senyum nyengir*
“ Ini gara2 sambel kecap nih, aku jadi kek gini, ni salah ibu pokoknya salah ibu”,gumamku seiring perjalan kembali kesekolah.
“ Hemm, kayaknya enak nih buka warung, trus menunya bertemakan “sambel”, sambel orek, sambel kecap, sambel tomat pedas kecut, dll. Abis itu buka toilet umum. Haha. Abis makan diwarung trus masuk ke toilet deh”, batinku.
Selagi aku memikirkan ide konyolku itu, dan ternyata ulangan pun sudah berakhir. Dan dengan pemantaban hati siap2 untuk kena omel Bu Ina.
“ Sambel kecap oh sambel kecap, thanks deh buat hari ini.” 
***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar